RSS Feed
My Fam
Forum Silaturrahmi

Sabtu, 23 Desember 2023

Pemikiran Filsafat Sejarah Menurut Crane Brinton

Pemikiran dalam Filsafat Sejarah memiliki keterkaitan yang cukup kuat. Filsafat Islam dimaksudkan adalah filsafat dalam perspektif pemikiran orang Islam. Seperti juga pendidikan Islam adalah dimaksudkan pendidikan dalam perspektif orang Islam. Karena berdasarkan perspektif pemikiran orang, maka kemungkinan keliru dan bertentangan satu sama lain adalah hal yang wajar. Filsafat berasal dari bahasa Yunani, philo dan sophia. Philo berarti cinta dan sophia berarti kebijaksanaan atau kebenaran. Sedang menurut istilah, filsafat diartikan sebagai upaya manusia untuk memahami secara radikal dan integral serta sistematik mengenai Tuhan, alam semesta dan manusia, sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan tersebut.

Dalam pemikiran Crane Brinton Gagasan sejarah dari Brinton adalah revolusi sebagai bentuk perubahan sejarah dan perkembangan masyarakat. Brinton menyatakan bahwa revolusi merupakan peristiwa perubahan yang terjadi besar-besaran dalam waktu yang singkat meliputi aspek politik, ekonomi, sosial dan budaya. Dilakukan orang-orang atau kelompok revolusioner dan mempunyai kepentingan sama. Menurut Brinton bahwa bentuk kemunculan revolusi terbagi dalam dua: spontinitas dan terencana. Hal ini seperti dalam sejarah Indonesia, yaitu terjadinya revolusi Indonesia pada tahun 1945-1949. Diawali dengan lumpuh nya kota Hiroshima akibat bom atom, yang mengakibatkan jepang menyerah pada sekutu. Melihat hal demikian, golongan pemuda Indonesia tidak mau menyiaka-nyiakan kesempatan. Mereka kemudian menculik Soekarno dan Moh. Hatta dan mendesak agar Soekarno-Hatta segera menyatakan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya pada 17 Agustus 1945 di Rengasdengklok Soekarno membacakan teks proklamasi yang telah dirancangnya bersama beberapa tokoh. Setelah proklamasi dibacakan, dikibarkanlah bendera merah putih dan rakyat pun bersorak-sorai gembira. Namun, kebahagiaan itu tidak bertahan lama. Belanda kembali datang. Mereka berusaha menegakkan kembali kekuasaan di Indonesia. Rakyat Indonesia pun tidak terima dan mulai perlawanan.

Saat Itulah perjuangan revolusi Indonesia dimulai. Revolusi Indonesia merupakan suatu masa perjalanan sejarah Indonesia Modern yang singkat. Revolusi Indonesia berlangsung selama 5 tahun dan dampaknya cukup besar bagi sejarah Indonesia kedepannya. Pada masa revolusi Indonesia, semua golongan bersatu tanpa memandang etnis, suku, agama, usia, jabatan, dan juga ideologi. Revolusi Indonesia terbagi menjadi 2 karakteristik: pertama, perjuangan secara fisik, kedua perjuangan diplomasi.

Adanya peristiwa di atas, maka memiliki relevasi dengan teori Crane Brinton yaitu teori Revolusi dengan warga sipil ikut terlibat atas terjadinya revolusi 1945-1949 dengan menyerah nya pihak Jepang kepada sekutu.

0 komentar:

Posting Komentar