RSS Feed
My Fam

Rabu, 29 Juni 2011

Cara mudah menulis Huruf Arab di ponsel Sony Ericsson

Sony Ericsson w660i
Sobat Sobat sekalian,dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang cara menulis "Huruf huruf Arab untuk Hp Sony Ericsson dan Nokia".Artikel ini aku dapat tuliskan setelah cari kesana kemari baik nanyain ke teman yang labih ngerti tentang hal ini, maupun aku cari cari lewat internet via Mbah Google.Ternyata setelah lama berjuang aku dapatkan juga.Sebagai contoh Aku pakai hp Sony Ericsson W660i,dengan aplikasi T9 nya.Ingat saratnya harus ada cara penulisan berformat T9 di hpmu.Ya okelah kalo begitu langsung aja Sob. Dizaman yg serba instan seperti sekarang ini, ponsel memang merupakan salah satu kebutuhan hidup yg sangat kita butuhkan untuk menyempurnakan aktifitas kita sehari-hari. Yaaah... mulai dari berkomunikasi langsung dengan orang-orang terdekat kita, mengirim pesan singkat, email, browsing, banking, blogging, playing, downloading, surfing, sharing, chatting, ngising..kenc.....(eeee...salah,maaf agak jorok sedikit) udah....ah.. cukup..!!
Glk....glk....glk... maklum jadi ikut-ikutan pake akhiran ing semua nich!.
Untuk masalah perpesanan (sms) via ponsel mungkin kalian pernah menerima ucapan-ucapan Selamat Hari Raya, Selamat Ulang Tahun, Selamat Tidur dan selamat-selamat yang lain, yang disertai dengan tulisan berhuruf Arab?

Mungkin bagi kita, keadaan seperti itu merupakan hal yang wajar dan nggak mengundang rasa penasaran sama sekali, karena kita beranggapan bahwa mungkin aja ponsel mereka sudah dilengkapi dengan fitur bahasa Arab. Tapi bagi sebagian orang, pasti hal semacam itu dianggap aneh dan membuat dia berkeinginan untuk bisa menulisnya juga. Sampai dibela-belain browsing di internet hanya untuk mencari kumpulan huruf Arab yg bisa dicopy ke ponsel kita.
Beberapa bulan yang lalu aku sempat ditanya temen sekerjaanku tentang bagaimana sih cara menulis huruf huruf arab di ponsel kita agar kita bisa sms ke temen atau yang lain dengan tulisan arab itu.Ma'lum sebagian besar masyarakat kita yang mayoritas muslim ini,dengan sendirinya akan merasakan begitu pentingnya huruf dan tulisan itu bagi kita.Karena setiap hari kita tidak lepas dan sudah familiar sekali dengan tulisan ataupun bahasa arab itu sendiri.Dalam aktivitas keseharian kitapun sudah sangat lekat dan kental dengan kehidupan kita,Dimulai bagaimana ketika kita beribadah (shalat,mengaji,berdo'a)dll, semuanya berkaitan erat dengan bahasa dan tulisan Arab tsb.
Langsung aje deh ke TKP nggak usah berbelit belit,kaya belut lagi sembelit.... he...he
Cara menulis huruf Arab via ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur bahasa Arab.
Pertama-tama kalian copy dulu textarea berikut dan paste ke dalam sms baru kalian. Simpan sebagai draft. Jangan lupa. Biar nampak bersih dan rapi, kalian hapus dulu kode yg mungkin ikut terbaca di dalam textarea, dan ganti dengan 2x penekanan enter.Untuk ponsel berformat T9,maka huruf-huruf tsb harus dicopy dulu satu persatu kedalam Kamus Pribadi,dengan menambahkan tanda titik atau koma(harus dua karakter),misalnya bila kita akan memasukkan huruf alif (ا )maka kita harus menambahkan titik bersama huruf alif tsb menjadi(.ا ) ,Ba (ب) menjadi (.ب) dst. Ini dia huruf-huruf yang harus kalian copaskan :
Saya sarankan kalian membuka postingan ini via Opera Mini di ponsel kalian, karena postingan ini aku tujukan buat mereka yang ngenet via ponsel.
Kalo buat yang pake PC mah gak perlu khawatir lagi karena cara menulis huruf Arab kayak gini udah ada perangkatnya tersendiri. Buat yg belum tahu silakan cari artikelku tentang Cara Menulis Huruf Arab Dengan Microsoft Word.
Oke, kembali ke topik petang(alah....ANTV...kaleeeee)
Jadi setelah kalian copas textarea diatas dan udah disimpan sebagai draft, sekarang saatnya memaparkan cara merangkainya atau cara menulisnya.
Kita ambil aja contoh menulis Basmallah.
Caranya,
kalian copy dulu semua huruf Arab di draft tadi dan lalu paste di sms baru kalian. Kemudian kalian copas satu persatu huruf yg diperlukan, mulai dari ba', syin, mim, alif dan seterusnya, atau dengan kata lain, kalian copas huruf yg diperlukan dari yg pertama sampai huruf terakhirnya, hingga kombinasi huruf-huruf tadi terbaca sesuai dengan apa yg mau kita tulis. Perlu diketahui bahwa huruf-huruf Arab ini akan tersambung dengan sendirinya secara otomatis, kecuali huruf-huruf yang memang gak bisa nyambung seperti ز ,ر ,ذ ,د و dan beberapa huruf yang lain.
Inilah salah satu contoh hasil rangkaian huruf-huruf tadi,
بسم الله الرحمن الرحيم
Dan semua pemaparan tentang cara menulis yg aku jelasin diatas, juga berlaku buat kalimat-kalimat Arab yg lain. Cuma sayangnya rangkaian huruf Arab ini gak bisa dikasih tanda baca, a, i maupun u. Dan jangan kaget kalo nanti kursornya akan berbalik arah, yang biasanya dari kiri ke kanan, menjadi dari kanan ke kiri
Baiklah Sobat sekalian,sekian dulu yang dapat aku bagikan,selamat mencoba Semoga bermanfaat buat Sobat sekalian,Amien......

2 komentar:

Akoey mengatakan...

wah wah.. trik yg sangat menarik nih kang, boleh ah dipraktekin. siapa tau nanti klo mau jd TKI bs sms-an sama orang arab. hehe...
haturnuhun kang, hepi blogging.. :D

arianto mengatakan...

cara lebih cepat ada bang??

Poskan Komentar